Short Message for My Beloved Kids

Jangan pernah putus asa dengan hidupmu, karena Tuhan tidak pernah putus asa membentukmu!

Friday, November 10, 2017

a new days (2)

tidak mudah menjalani sesuatu yang baru
berangkat dari nol, harus ikhlas, harus legawa
aber es it ganz so schwer..

satu sisi dengan kewajiban untuk membimbing mahasiswa2ku meraih jenjang sarjananya, di sisi lain harus berdamai dengan hatiku pada masalah adaptasi ..pd kondisi baru di hidupku..
kemampuanku tidak cukup tinggi untuk membimbing skripsi mahasiswa2ku,
tapi kenapa mereka percaya padaku ? aku ga pandai mengarahkan mereka, aku hanya bisa menyemangati mereka ...memotivasi untuk terus maju..
sementara kondisi jiwaku, ragaku, pikiranku terasa penuh dengan kewajiban, tanggungjawab, dan resiko yg muncul akibat dari keputusan2ku..

aku yg menghadirkan dia dalam hidupku
aku yg minta pd Allah utk megijinkan dia kumiliki
dan sebenarnya Allah sdh menunjukkan kekurangan dan kelebihannya pdku,
tp aku nekat untuk terus memintaNya jadi milikku,
entah berapa puluh juta biaya yg sdh kukeluarkan untuk memperbaiki penampilanku,
agar dia tertarik dan mencintaiku, menyayangiku... ternyata percuma saja..

kalau orang lain tau ..kalau saudara2 tau.. pasti mereka bilang aku bodoh,
ironis juga, bahwa semua peningset itu aku yg mengadakan, pesta itu, aku juga yang menjadikan nyata.. kusayangi dia sepenuh hatiku, kujaga sikapku, ucapanku agar tidak menyakiti perasaannya, tapi yang kulakukan masih saja belum cukup untuk mendapatkan respect darinya... masih saja kurang bisa memuaskannya, tidak bisa membuatnya menjadikan aku seseorang yg berarti dalam hidupnya..
semua jadi terasa semu..

betapa pun aku berusaha untuk memahami kondisinya,
lama tidak berada dalam satu keluarga utuh,
lama tidak merasa perlu untuk memahami posisinya als Man und Vater
tidak memahami pola pikir aris yg menerimanya sbg sosok bapak yg selama ini ga pernah didapatkannya, masih saja aris cacat besar di matanya... tidak mau mencoba mengerti bahwa seringkali yg diucapkan aris tidaklah seperti yg dipikirkan dan dimaksudkan.. kalau toh aris pernah berucap yg salah atau tidak simpatik, pasti ada sebabnya, tekanan terhadap kuliahnya yg pasti...
kalau saja dia mau memahami aris yg sesungguhnya..
ardan juga terlihat jelas cacatnya.. nobody is perfect.. tdk bisa pohon yg sdh terlanjur tumbuh besar diminta berubah tanpa bantuan tangan kita.. aku mau pohonku tumbuh ke kiri, ya harus rajin dipangkas cabang yg tumbuh di bagian kanan.. kecuali jika pohon itu dirawat sejak kecil, diarahkan tumbuhnya sesuai mau kita..

sebisaku kulakukan kewajibanku sebagai seorang istri sekaligus sebagai aliran berkahNYA...
ikhlas.. harus ikhlas.. bersyukur bahwa Allah masih melewatkan rejeki melalui aku..
semoga Allah berikan aku kekuatan, rejeki, kesehatan, ampunan dan kasih sayangNYA padaku, agar aku bisa terus mendampingi dan menjalankan kewajibanku ssebagai seorang istri dan seorang ibu..
aku yg memohonkan kehadiran nya di sisiku... dengan seijin Allah .. dan karena Allah pula akan kutempuh hari2 ini dengan ikhlas..jangan ijinkan dia menyakiti saya ya Allah,
apa pun yg terjadi, kupasrahkan padaMu ya Allah..
hanya kuasaMu yg kuminta untuk membuka hatinya, menyadarkannya bahwa aku sangat menyayanginya....

Monday, October 23, 2017

Jenjang S1 Ardan

SMS itu pendek saja bunyinya.. "bu..aku udh lulus.."
alhamdulillah... selesai sudah studi jenjang S1 mu cah bagus.., semoga menjadi berkah bagimu dan bagi orang banyak.. Tidak mudah untukmu menyelesaikannya pasti, di antara keinginan untuk bermain, dan kewajiban untuk menyelesaikan studimu... bukan untuk ibu, insya Allah untuk bekalmu ke depan nantinya... ibu tidak bisa membekalimu dengan sempurna, untuk menjadikanmu laki2 kebanggaan agama, bangsa dan keluarga... ibu hanya bisa berdoa..dan terus berdoa.. semoga Allah berkenan untuk selalu melindungi dan menyayangimu... aamiin

Thursday, October 12, 2017

Biga, MSc

my supergirl...
terimakasih ya, nduk..
maaf ibu tidak bisa mendampingimu
(ga penting juga sih ya... :)  )
Semoga selalu dalam berkahNYA, dan bahagia karena ridhoNYA..
aamiin yra

Thursday, August 10, 2017

a new days (1)

tidak pernah kutahu apa rencanaMU bagiku ya Allah..
yang aku tahu, hanya yg terbaik yg KAU berikan untukku..

Thursday, February 23, 2017


ibu sayang iga...
apapun yg bikin iga bahagia, insya Allah ibu penuhi...
no matter what...

Sunday, February 19, 2017

no more white roses...

duluuu...waktu iga masih dengan seragam putih abu2nya,
pulang sekolah dibelikannya ibunya ini setangkai bunga mawar putih,
pura2nya happy valentine ya bu...., katanya ceria...

and am so happy...

lalu pd tanggal 23 Februari ...dibelikannya lagi setangkai mawar putih,
selamat ulang tahun ya buu....

ya Tuhan, bahagianya....

tapi sekarang tidak lagi aku bisa berharap itu semua dari iga,
merayakan valentine itu ga benar,
ucapan selamat hanya untuk Rasullullah...


.........

semakin sulit rasanya utk bisa berkomunikasi dengan anakku perempuan satu-satunya,
mungkin karena kami terlalu lama tidak bersama-sama,
kenangan terakhir saat iga mengikuti lomba mengarang cerita tingkat nasional, yg mengharuskan Iga menginap di solo, di wisma haji, sedangkan aku harus ke Bogor,
terlihat di wajahnya yg ayu, di matanya yg cerdas, keinginan agar aku menemaninya,
kukatakan saat itu pd iga,
ibu punya tugas, iga juga...
mari kita selesaikan sendiri2 tugas kita, ada Allah bersama kita,
dan kita bisa bersama lagi setelah tugas kita masing2 selesai...

dan sekarang aku menyesal mengatakan itu pd iga

karena igaku menjadi anak yang sangat berkelebihan mandiri,
tidak memerlukan sosok pendamping lain selain Tuhannya,

...ambilkan bulan, bu...
ambilkan bulan bu...yang slalu bersinar di langit...

ibu ga akan lupa dg suara lantangmu menyanyikan lagu itu di sebelah kiri ibu , saat kita pergi bersama-sama, berdua saja...

sekarang iga sdh bisa meraih bulan iga sendiri...

Tuesday, August 09, 2016

Sugeng tindak ibu...insya Allah Husnul Khatimah

Ibu ndak ngendika apa2...
Ibu mungkin sdh kirim pertanda, tp Nining yg tidak paham. Biasanya ibu selalu nyariin Nining kalau sehari saja tidak berkabar, tidak ke Erlangga.. tp ini lebih dari seminggu ibu ga protes sedikit pun...Telpon pun cm sebentar..
Nyesel banget rasanya karena seminggu sebelum ibu ditimbali Gusti Allah, Nining tidak niliki ibu..
Nining terlalu nyaman pd kondisi ibu yg tenang.. pdhl ibu selalu minta nining utk "ibune sok ditiliki yo.."..
Sampai ibu tindak pun tanpa pamitan..
ibuku cantik

Nining dan Tommy sekarang sdh yatim piatu ibu... Ning rasanya sendirian..
Apapun kersane Gusti Allah adalah yg terbaik... Semoga ibu bahagia bersama Gusti Allah dan bapak di surga..
AAmiin yra..

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran..

  "Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil"

Tuesday, July 26, 2016

Myom

Setelah beberapa bulan flek dan pendarahan yg kukira menjelang menopause, akhirnya bleeding tak tertahankan tanggal 20-21 July 2016 yang lalu. Dokter menyarankan utk segera dioperasi. Tapi tanggal 23 July 2016 mesti menerima lamaran untuk anakku perempuan. Jadilah nego dengan obat utk menghentikan pendarahan sementara.

Tanggal 25 July 2016 cari rujukan dan tanggal 26 July 2016 mulai rawat inap di RST Semarang. Tanggal 27 July dikuret dulu, karena persiapan pernikahan (ijab kabul) anakku sudah dekat. Kuwatir recovery pasca operasi tidak mendukung persiapan acara anakku.

Tanggal 28 July 2016 kutelpon ibuku bahwa aku tidak apa2 dan bersiap utk pulang ke rumah. Tapi ibu seperti kurang paham dg apa yg terjadi padaku. Yo wis lah..malah bagus, ibu jd tidak kepikiran.
Entah kapan operasi myom akan dilaksanakan. Katanya, diameter 10 cm itu besar ...
lahawla wala quwatta illah bilah...

Friday, January 01, 2016

what a beautiful day...

trenyuh rasanya liat si ade'..yg tidak pernah enggan mengerjakan sholatnya... alhamdulillah selalu diusahakan utk tepat waktu..
pulang dari kuliah, pulang dari dolan...tidak perlu diingatkan sering2...
semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya little one..

-----------------------

pagi2 ..bete.. iseng utak-atik hp..malah ke kunci dan ga tau gimana caranya unlock.. :)
terpaksa mbangunin si mas...
udah sebel dan kesel karena sepertinya si mas jg engga bisa langsung kasih solusi...
"ibu sabar too...jangan panik gitu..."
ya udah..tak percayakan pd mu, nak... alhamdulillah...beberapa saat kemudian, si mas masuk ke kamar ibune sambil tanpa banyak ngomong dan matanya masih hampir segaris...belum melek penuh.. ditunjukkan caranya unlock hehehehe....
"kok bisa tau caranya sih, Dan?"..
"feeling aja, bu..."
alhamdulillah, selalu bisa dijadikan andalan di saat2 kritis...

---------------------------

iseng buka tagging temen2 di FB, ada videoclip yg di tag si mbak untuk ibunya..
bukan videonya yg bikin petasan maupun kembang api pergantian tahun baru kalah meriah dengan yg kurasakan saat kubaca tulisannya :
 Ibu Retno Iswarin harus nonton ini biar gak merasa bersalah banget kalo ntar tiba2 dapet tiket umrah plus nginep di zamzam tower. Big applause for my mother who manage to maintain three kids, seven cats, two houses, and two big families intact (heart emoticon)   Sorry for not being home as often as I should...

Sunday, November 01, 2015

my wonder boy..

Tidak tau apa yg sedang Tuhan persiapkan utk saya. Mengapa ujianNya begitu berat. Seperti jatuh ditimpa traktor. Sudah ditipu yg katanya temen..bunga bank naik tinggi..
besar sekali sepertinya dosaku padaNya.
Beberapa kali kurasakan malas betul untuk sholat. Rasanya sia2 yg sudah kulakukan. Menangis di atas sajadah pun ga ada hasilnya.. Allah ga kunjung iba pada saya..

Lalu suara di belakangku perlahan  mengajakku untuk sholat isya berjamaah..
"Bu.. sholat berjamaah yuuk.."..
Ya Allah.. syukurku padaMu.. aku diparingi anak yg sholeh..
Untukmu ibu akan coba terus bertahan my wonder boy..